5 Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Untuk Weekend yang Berkesan

 

sumber : (https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-wanita-berdiri-dekat-carabao-2464145/)

Solo adalah kota yang menakjubkan di jantung pulau Jawa. Kota ini memiliki kekayaan sejarah, budaya dan keindahan alam. Kota ini sendiri terbagi menjadi empat kecamatan: Mangkunegaran, Kenjeran, Kepuharjo dan Laweyan. Di bawah ini adalah tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Solo:


PESAN MOBIL RENTAL SOLO

>> KLIK DISNI <<

Museum Radya Pustaka, Purwosari, Banjarsari

Museum Radya Pustaka adalah museum buku-buku kuno. Buku-buku tersebut dipajang dengan indah dan disusun sesuai dengan usianya. Beberapa di antaranya berusia 400 tahun, sementara yang lainnya hanya berusia 100 tahun!

Museum ini memiliki empat lantai, dengan setiap lantai memiliki koleksi naskah kuno yang unik. Setiap naskah telah dilestarikan dengan cara yang tepat sehingga dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Museum Radya Pustaka terletak di Purwosari, Banjarsari sekitar 10 kilometer dari Kota Solo. Museum ini buka setiap hari kecuali hari Senin dari jam 8:00 pagi sampai jam 4:00 sore kecuali untuk hari Minggu ketika tutup pada jam 5:30 sore. Biaya masuk gratis untuk wisatawan dan pelajar, namun penduduk lokal harus membayar Rp 3.000 per orang untuk masuk ke museum yang indah ini!

Pasar Antik Triwindu, Jebres

Pasar Antik Triwindu atau Jebres berjarak 15 menit berkendara dari pusat kota Solo, dekat terminal bus Pasar Baru. Pasar ini buka dari jam 9 pagi hingga 5 sore setiap hari dan memiliki segalanya, mulai dari kain batik dan layang-layang hingga perhiasan, barang antik, patung, buku, dan banyak lagi.

Anda dapat menawar di pasar ini-tetapi berhati-hatilah: jika Anda membeli sesuatu dengan harga kurang dari Rp10 juta, beberapa penjual mungkin akan memintanya kembali jika mereka melihat Anda menjual barang belanjaan secara online di kemudian hari. Cara terbaik untuk menikmati pasar ini adalah dengan berjalan-jalan dengan pikiran terbuka!

Sebagian besar penjual berbicara bahasa Inggris tetapi mereka mungkin tidak memiliki cukup uang kembalian, jadi bawalah banyak uang terutama jika membeli perhiasan. Ingatlah bahwa budaya Indonesia menyatakan bahwa pelanggan tidak boleh menyentuh barang sebelum membelinya.

Sebaliknya, mintalah izin terlebih dahulu sebelum menyentuh apa pun. Jika berbelanja online sebelum mengunjungi Indonesia, cobalah Bonanza atau eBay-situs-situs ini menawarkan penawaran menarik untuk barang-barang bekas yang biasanya tidak dijual di toko-toko lokal.

Pasar Gede, Laweyan

Pasar Gede, atau pasar besar, adalah salah satu tempat wisata paling populer di Solo. Terletak di Laweyan dan buka dari jam 9 pagi sampai 6 sore, ini adalah tempat yang bagus untuk membeli oleh-oleh saat jalan-jalan di Solo.

Pasar Gede menampilkan berbagai barang dan kerajinan tradisional yang tidak akan Anda temukan di tempat lain di Indonesia. Anda juga dapat menemukan makanan di sana; para pedagang akan menjual makanan ringan lokal seperti tahu goreng, stik tahu goreng, sate kebab dengan saus kacang, sayap ayam yang diasinkan, tentakel cumi rebus dengan sambal terasi, dan banyak lagi!

Taman Sari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Istana Air Taman Sari (Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat) adalah bekas istana kerajaan Kesultanan Surakarta. Tempat ini merupakan objek wisata populer di Solo, dan untuk alasan yang baik: tempat ini memiliki semua yang Anda inginkan dari perjalanan sehari atau liburan akhir pekan. Berikut adalah beberapa hal yang menarik:

     Sejarah yang kaya dan desain interior yang memudahkan Anda membayangkan bagaimana orang-orang hidup ratusan tahun yang lalu

     Kesempatan untuk menjelajahi alam sambil belajar tentang flora dan fauna setempat

     Kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang tradisi dan praktik keagamaan

     Kesempatan untuk mencoba makanan tradisional Indonesia serta jenis masakan lainnya

Galeri & Toko Batik Plentong, Jebres

Batik adalah kain tradisional yang terbuat dari katun, sutra atau bahan lainnya. Ditenun dengan lilin, pewarna dan bahan lainnya. Batik diciptakan di Indonesia selama abad ke-12, di mana awalnya diproduksi untuk pakaian bangsawan. Di Solo, Surakarta ada banyak toko yang menjual kain batik dan aksesorisnya; Plentong Batik Gallery & Shop adalah salah satunya.

Terletak di Jalan Raden Patah RT 5/RW 1 No 7A Jebres, Kabupaten Sukoharjo, tempat ini memiliki banyak hal menarik yang bisa dilakukan seperti mengunjungi pabrik batik dan belajar bagaimana membuat desain batik sendiri di rumah!

Pusat Perbelanjaan Solo Square, Laweyan

Pusat Perbelanjaan Solo Square adalah pusat perbelanjaan yang terletak di Laweyan, Solo. Pusat perbelanjaan ini dibangun pada tahun 2017 dan memiliki gross leasable area seluas kurang lebih 2.000 meter persegi.

Pusat Perbelanjaan Solo Square menawarkan berbagai fasilitas seperti mesin ATM CIMB Niaga dan lift yang dapat menampung hingga 12 orang sekaligus. Mal ini buka dari jam 11 pagi hingga 10 malam setiap hari kecuali pada hari Minggu.

Solo adalah tempat yang harus dikunjungi oleh setiap wisatawan. Kota ini dipenuhi dengan banyak atraksi yang pasti akan memberi Anda pengalaman yang tak terlupakan. Dengan daftar beberapa tempat wisata terbaik di Solo, Anda tidak harus bingung lagi mau pergi ke mana.

0 Komentar